Tuesday 17 April 2012

JamPerSal dampak dan manfaatnya

Pemerintah perlu mendapat acungan jempol dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat yang memang sangat  dibutuhkan terutama yang berkaitan dengan masalah tingginya angka kematian Bulin (Ibu bersalin) dan kematian Bayi akibat kurangnya  pengetahuan kesehatan Ibu dan Anak (KIA).


Bantuan sosial kesehatan masyarakat semakin bervariasi dari mulai program JPS, Kartu Sehat (KS), Asuransi Kesehatan Rakyat Miskin (AsKesKin) dan sekarang mengeluarkan lagi Jaminan Persalinan (Jampersal) yang didukung oleh PT. Jamsostek Indonesia. Penjelasan detil silakan baca di situs JAMSOS Indonesia
Sekarang dengan adanya program Jampersal ini masyarakat khususnya ibu-ibu pada usia subur tidak perlu lagi kuatir tentang biaya persalinan bila hamil kelak karena ditanggung oleh pemerintah sejak pemeriksaan kehamilan hingga persalinan secara gratis dan tak terbatas pada keluarga kurang mampu. Persyaratannyapun mudah hanya melakukan pendaftaran di Puskesmas ditambah bersedia dipasang alat KB pasca persalinannya.
Secara makro tersirat Jampersal ini menjadi alat ampuh bagi pelaksanaan program Keluarga Berencana (KB) karena semua peserta jampersal wajib mengikuti program KB. Namun dilain pihak terajdi perbedaan persepsi dalam pemikiran masyarakat, karena ber KB (memakai kontrasepsi) sangat tergantung pada kedisiplinan masyarakat itu sendiri. Bila suatu saat sang ibu hamil lagi walaupun telah menggunakan kontrasepsi maka alasan mudah untuk dikatakan kegagalan alat tersebut.
Pemberian jampersal juga menuai kecemburuan peserta askes yang notabene adalah pegawai negeri karena mereka mengikuti askes tidak secara gratis namun memiliki batasan hanya untuk 2 anak, anak ketiga tidak mendapat santunan apapun. Berbeda dengan program jampersal ini selain gratis juga tanpa batas.
Secara pribadi, berharap program ini sukses dinikmati oleh masyarakat dengan bijak. (karena belum tentu program ini berlanjut selamanya)

0 comments:

Post a Comment

Silahkan comment apa yang menurutmu paling baik !!!